Persepsi Masyarakat tentang Aksesibilitas Perbankan Syariah (Studi pada PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Samarinda DI Panjaitan)
Abstract
ABSTRAK
Letisia, 2023. “Persepsi Masyarakat tentang Aksesibilitas Perbankan Syariah (Studi pada PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Samarinda DI Panjaitan)”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Kokom Komariah, SP., M.Si dan Bapak H. Yusran, M.Ag.
Dalam perkembangan perbankan syariah banyak tantangan dan permasalahan yang dihadapi. Permasalahan yang muncul antara lain adalah rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap perbankan Syariah. Aksesibilitas adalah kemudahan untuk melakukan pendekatan. Pendekatan ini adalah pendekatan untuk berbagai kepentingan, di antaranya adalah untuk lebih bisa memahami obyek yang dilakukan pendekatan maupun untuk bisa mendapatkan informasi tertentu sesuai kebutuhan seseorang. Kemudahan akses terhadap kepercayaan masyarakat pada bank syariah adalah semakin akses ditingkatkan kemudahannya, maka akan semakin memudahkan masyarakat bertransaksi pada bank syariah, sehingga dengan adanya akses yang baik maka masyarakat akan percaya pada bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang aksesibilitas perbankan syariah di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Samarinda DI Panjaitan dan untuk mengetahui kendala apa saja yang telah dirasakan tentang aksesibilitas perbankan syariah di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Samarinda DI Panjaitan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah nasabah di PT Bank Syariah Indonesia Tbk. KCP Samarinda DI Panjaitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nasabah berbeda-beda namun sebagian besar nasabah mengatakan bahwa aksesibilitas perbankan Syariah di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Samarinda DI Panjaitan baik dalam hal informasi, fasilitas, layanan, dan lokasi sehingga menjadi terbaik dan berbeda dari BSI lainnya. Aksesibilitas perbankan Syariah yang ada di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Samarinda DI Panjaitan telah memberikan kemudahan bagi nasabah sehingga nasabah merasakan kenyaman, kepuasan, dan memberikan kepercayaan kepada PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Samarinda DI Panjaitan. Adapun terdapat kendala tentang aksesibilitas perbankan Syariah di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Samarinda DI Panjaitan yang telah dirasakan nasabah yaitu gangguan jaringan, mesin atm offline, kekurangan karyawan dan akses perjalanan terganggu ketika banjir.
Kata kunci: Persepsi, Masyarakat, Aksesibilitas, dan Perbankan Syariah