View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Problematika Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di TK Ukan Hasupa Samarinda.

Thumbnail
View/Open
Nur Halimah paud 24.docx (17.01Kb)
Date
2024-01-13
Author
Halimah, Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nur Halimah, 2023. Problematika Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di TK Ukan Hasupa Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Mujahidah S.Ag,S.Psi,M.Si,CH selaku pembimbing I dan ibu Amalia Nur Aini M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian adalah munculnya permasalahan yang dihadapi guru ketika berhadapan dengan anak berkebutuhan khusus yang berdampak pada pelaksanaan pembelajaran yang kurang efektif. Beberapa permasalahan dalam pembelajaran yang belum bisa terpecahkan, seperti kondisi anak berkebutuhan khusus yang memiliki masalah dalam berbagai aspek, baik dari segi psikis, mental, emosional dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di TK Ukan Hasupa Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu dengan menggunakan model yang digunakan oleh Miles dan Huberman, dan prosesnya dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: jenis-jenis anak berkebutuhan khusus yaitu gangguan komunikasi dan interaksi sosial (sindrom aspenger) dan gangguan keterlambatan berbicara (speech delay), problematika pembelajaran yang dihadapi anak berkebutuhan khusus yaitu: 1. Konteks pembelajaran sama dengan anak non disabilitas, 2. tidak ada materi khusus yang dibuat oleh guru untuk anak berkebutuhan khusus, 3. mudah lupa dan lamban dalam menerima materi pembelajaran apapun yang diberikan oleh guru, solusi untuk mengatasi problematika anak berkebutuhan khusus yang terjadi yaitu: 1. Menyediakan, 2. guru pendamping khusus untuk anak berkebutuhan khusus ketika pembelajaran berlangsung, guru menyediakan materi khusus untuk anak berkebutuhan khusus, 3. menyediakan metode pembelajaran yang memperkuat keterampilan anak dan strategi pembelajaran yang mendukung kebutuhan anak tersebut.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4254
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV