Show simple item record

dc.contributor.authorHalimah, Nur
dc.date.accessioned2024-04-25T03:26:43Z
dc.date.available2024-04-25T03:26:43Z
dc.date.issued2024-01-13
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4254
dc.description.abstractABSTRAK Nur Halimah, 2023. Problematika Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di TK Ukan Hasupa Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Mujahidah S.Ag,S.Psi,M.Si,CH selaku pembimbing I dan ibu Amalia Nur Aini M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian adalah munculnya permasalahan yang dihadapi guru ketika berhadapan dengan anak berkebutuhan khusus yang berdampak pada pelaksanaan pembelajaran yang kurang efektif. Beberapa permasalahan dalam pembelajaran yang belum bisa terpecahkan, seperti kondisi anak berkebutuhan khusus yang memiliki masalah dalam berbagai aspek, baik dari segi psikis, mental, emosional dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di TK Ukan Hasupa Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu dengan menggunakan model yang digunakan oleh Miles dan Huberman, dan prosesnya dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: jenis-jenis anak berkebutuhan khusus yaitu gangguan komunikasi dan interaksi sosial (sindrom aspenger) dan gangguan keterlambatan berbicara (speech delay), problematika pembelajaran yang dihadapi anak berkebutuhan khusus yaitu: 1. Konteks pembelajaran sama dengan anak non disabilitas, 2. tidak ada materi khusus yang dibuat oleh guru untuk anak berkebutuhan khusus, 3. mudah lupa dan lamban dalam menerima materi pembelajaran apapun yang diberikan oleh guru, solusi untuk mengatasi problematika anak berkebutuhan khusus yang terjadi yaitu: 1. Menyediakan, 2. guru pendamping khusus untuk anak berkebutuhan khusus ketika pembelajaran berlangsung, guru menyediakan materi khusus untuk anak berkebutuhan khusus, 3. menyediakan metode pembelajaran yang memperkuat keterampilan anak dan strategi pembelajaran yang mendukung kebutuhan anak tersebut.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectProblematika Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)en_US
dc.titleProblematika Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di TK Ukan Hasupa Samarinda.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record