Konsep Metode Amstal dan Implementasinya dalam Pembelajaran
Date
2022Author
Ulfah, Maria
Kausari, Ahmad
Cahyadi, Ani
Anwar, Chairul
Metadata
Show full item recordAbstract
Kebutuhan akan beragam inovasi pada pembelajaran agama Islam di sekolah
merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan dalam rangka pengembangan
mutu pendidikan. Salah satu aspek yang memungkinkan adanya inovasi dalam
pembelajaran adalah penggunaan metode yang bervariasi sesuai dengan situasi dan
kondisi kelas. Penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran merupakan salah
satu langkah yang harus diambil guna mencapai tujuan pembelajaran. Metode amtsal
bisa menjadi alternatif dalam menjawab tuntutan inovasi dan variasi dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep metode amtsal dan
implementasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Sumber data diperoleh dari berbagai
kitab, buku, dan artikel jurnal yang akan dianalisis dan disajikan dalam bentuk
deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode amtsal ialah metode
perumpamaan pada sesuatu yang abstrak dengan sesuatu lebih konkrit dan mudah
dipahami. Metode Amtsal juga memberikan dan membuat orang termotivasi untuk
bertindak sesuai dengan maksud perumpamaan tersebut jika hal tersebut merupakan
hal yang disenangi oleh jiwa, sebaliknya juga mendorong agar tidak berbuat seperti
yang diumpamakan karena merupakan hal yang dibenci oleh hati Nurani manusia.
Kata Kunci : Pendidikan Islam, Metode Amtsal, Metode Pembelajaran.
Collections
- Artikel Umum [155]