Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19 di TK Silmi Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Yova Aprillia, 2022, “Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19 di TK Silmi Samarinda”. Skripsi program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag sebagai pembimbing I dan Amalia Nur Aini, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah karakter kemandirian penting untuk ditumbuhkan karena kecenderungan orangtua yang super protektif sulit memberikan kepercayaan pada anak saat pandemi ini. Sikap orang tua yang melindungi dan membantu anak secara berlebihan menjadikan anak memiliki ketergantungan yang berlebihan kepada semua orang, kurang percaya diri dan kurang memiliki tanggung jawab. Anak yang tidak ditumbuhkan kemandirian sejak kecil, anak akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sendiri, Apabila dibiarkan akan berpengaruh dalam ketidakmandirian lain. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan karakter kemandirian anak usia dini pandemi Covid-19 di TK Silmi Samarinda.
Jenis penelitian adalah penelitian dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian adalah guru dan kerja sama orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara in-depth interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teori Miles dan Hubermen yang terdiri dari tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam menanamkan kemandirian anak saat pandemi covid-19, yaitu dengan Penerapan metode modeling sebagai contoh yang diberikan secara dari guru ke anak dan Kegiatan pembiasaan yang dilakukan dengan kerja sama dengan orang tua, meliputi pembiasaan mengendalikan emosi melalui kegiatan anak mampu mengikuti kegiatan mengerjakan tugas karya dari sekolah dan mampu mengikuti pelajaran daring hingga selesai, mau berbagi makanan sesama keluarga, disiplin dan tanggung jawab.