Show simple item record

dc.contributor.authorAprillia, Yova
dc.date.accessioned2024-04-26T02:24:11Z
dc.date.available2024-04-26T02:24:11Z
dc.date.issued2022-05-30
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4258
dc.description.abstractABSTRAK Yova Aprillia, 2022, “Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19 di TK Silmi Samarinda”. Skripsi program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag sebagai pembimbing I dan Amalia Nur Aini, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang masalah penelitian ini adalah karakter kemandirian penting untuk ditumbuhkan karena kecenderungan orangtua yang super protektif sulit memberikan kepercayaan pada anak saat pandemi ini. Sikap orang tua yang melindungi dan membantu anak secara berlebihan menjadikan anak memiliki ketergantungan yang berlebihan kepada semua orang, kurang percaya diri dan kurang memiliki tanggung jawab. Anak yang tidak ditumbuhkan kemandirian sejak kecil, anak akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sendiri, Apabila dibiarkan akan berpengaruh dalam ketidakmandirian lain. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan karakter kemandirian anak usia dini pandemi Covid-19 di TK Silmi Samarinda. Jenis penelitian adalah penelitian dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian adalah guru dan kerja sama orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara in-depth interview, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teori Miles dan Hubermen yang terdiri dari tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam menanamkan kemandirian anak saat pandemi covid-19, yaitu dengan Penerapan metode modeling sebagai contoh yang diberikan secara dari guru ke anak dan Kegiatan pembiasaan yang dilakukan dengan kerja sama dengan orang tua, meliputi pembiasaan mengendalikan emosi melalui kegiatan anak mampu mengikuti kegiatan mengerjakan tugas karya dari sekolah dan mampu mengikuti pelajaran daring hingga selesai, mau berbagi makanan sesama keluarga, disiplin dan tanggung jawab.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectUpaya Guru, Kemandirian, Anak Usia Dini, Pandemi Covid-19en_US
dc.titleUpaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19 di TK Silmi Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record