Penerapan Diamond Strategy Dalam Pengembangan Produk (Studi BSI KCP Samarinda Bung Tomo)
Abstract
ABSTRAK
Arpah, 2023, “Penerapan Diamond Strategy Dalam Pengembangan Produk (Studi BSI KCP Samarinda Bung Tomo)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Parno, S.E., M.S.I selaku dosen pembimbing I dan Yovanda Noni, S.E.,M.E selaku dosen pembimbing II.
Indonesia adalah sebuah negara yang besar dengan jumlah penduduk Muslim terbesar. Perkembangan perbankan syariah semakin meningkat sehingga persaingan pasar sangat tajam. Meskipun bank syariah mengalami pertumbuhan yang signifikan, namun hal tersebut belum bisa diikuti oleh perkembangan inovasi dan promosi produk perbankan syariah yang masih menjadi kendala utama dalam mengembangkan industri yang sudah meraih pangsa pasar perbankan. Latar belakang penelitian ini akan menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan diamond strategy dalam pengembangan produk di Bank Syariah Indonesia KCP Samarinda Bung Tomo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan diamond strategy dalam pengembangan produk di Bank Syariah Indonesia KCP Samarinda Bung Tomo.
Penelitian ini merupakan field research menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Karena data yang dikumpulkan merupakan data yang berkaitan dengan pengembangan produk di BSI KCP Samarinda Bung Tomo. Teknik pengumpulan data melalui Wawancara yang dilakukan kepada Pimpinan Cabang Pembantu (Branch Manager) dan BOSM, observasi, dokumentasi dan teknik pengumpulan data. Dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berlokasi di JI. Bung Tomo No. 02 Sungai Keledang, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda 75131 Kalimantan Timur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diamond strategy dalam pengembangan produk di Bank Syariah Indonesia KCP Samarinda Bung Tomo telah diterapkan pada awal berdirinya bank tersebut. Diamond strategy telah diterapkan ke semua produknya agar mendapatkan keuntungan laba dalam produk yang dijual. Hasilnya memberikan dampak positif terhadap peningkatan nasabah dari tahun ketahun, walaupun terdapat bantuan dari strategi lain didalamnya. Namun dalam data laporan pada bulan November hingga April diamond strategy tidak berjalan dengan semestinya pada salah satu produk di cabang tersebut sehingga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tetapi hal ini tidak menyebabkan BSI KCP Samarinda Bung Tomo putus asa dalam menarik minat masyarakat untuk membeli produk yang mereka dijual justru hal tersebut merupakan bahan evaluasi perusahaan untuk membenahi dan mencegah agar tidak terulang kembali kedepannya. Oleh karena itu, BSI KCP Samarinda Bung Tomo selalu melakukan follow-up kembali kepada para nasabah ataupun calon nasabah mereka dengan memberikan pelayanan terbaik agar menarik minat perusahaan atau mitra-mitra yang belum bersedia bekerja sama.
Kata Kunci: Diamond Strategy, Pengembangan Produk, BSI