Pengaruh Indikator Kinerja Keuangan Terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2018-2022.
Abstract
ABSTRAK
Adinda Rahmah Pratiwi, 2024. Pengaruh Indikator Kinerja Keuangan Terhadap Market Share Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2018-2022. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M.Si selaku pembimbing 1, dan Ibu Tika Parlina, M.M selaku pembimbing 2.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan Perbankan Syariah yang seharusnya berkembang lebih pesat daripada Bank Konvensional sehingga pencapaian market share pun seharusnya lebih tinggi mengingat mayoritas masyarakat di Indonesia ialah muslim. Namun fenomena yang terjadi sekarang market share perbankan syariah masih pada angka yang rendah yaitu 7,09% pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indikator kinerja keuangan yang terdiri dari NPF, ROA, FDR, dan BOPO terhadap market share perbankan syariah di Indonesia periode 2018-2022 baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini yaitu data sekunder yang berasal dari website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Data yang digunakan adalah data Non Performing Financing (NPF), Return On Asset (ROA), Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dalam bentuk triwulan dari Januari 2018 sampai dengan Desember 2022, dengan jumlah sampel sebanyak 20 data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda yaitu uji t, uji f dan koefisien determinasi 𝑅 2 dengan program SPSS versi 25.
Hasil Penelitian pada uji t (parsial) menunjukkan bahwa NPF secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Market Share BUS, secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Market Share UUS, dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Market Share BPRS. Selanjutnya, ROA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Market Share BUS, secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Market Share UUS, dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Market Share BPRS. Kemudian, FDR secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Market Share BUS dan UUS, serta secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Market Share BPRS. Lalu, BOPO secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Market Share BUS, secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Market Share UUS dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Market Share BPRS.
Hasil Penelitian pada uji f (simultan) menunjukkan bahwa NPF, ROA, FDR, dan BOPO secara simultan berpengaruh signifikan terhadap market share BUS, UUS, dan BPRS.
Kata Kunci : Kinerja Keuangan, NPF, ROA, FDR, BOPO dan Market Share