Pengaruh Komunikasi Interaktif Keluarga Terhadap Performa Akademik Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Hajar, 2024. “Pengaruh Komunikasi Interaktif Keluarga Terhadap Performa Akademik Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.” Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Nur Kholik Affandi, M.Pd. dan Siti Qomariah, M.Kom.
Lingkungan rumah adalah salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi akademik. Dalam penelitian ini, teori sistem keluarga diasumsikan untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana komunikasi interaktif dalam keluarga dapat memengaruhi performa akademik mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi interaktif keluarga terhadap performa akademik mahasiswa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 91 orang dengan kriteria mahasiswa UINSI Samarinda yang masuk pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, kemudian melalui uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji koefisiensi determinasi, dan uji hipotesis secara parsial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interaktif keluarga secara signifikan mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa UINSI Samarinda. Hipotesis bahwa komunikasi interaktif keluarga meningkatkan performa akademik mahasiswa diuji dalam penelitian ini. Hasil ini konsisten dengan teori sistem keluarga yang diajukan oleh Murray Bowen, yang menurutnya sebuah keluarga adalah sistem yang saling terkait dan mempengaruhi dirinya sendiri. Komunikasi interaktif keluarga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap performa akademik mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat diartikan bahwa komunikasi interaktif keluarga berpengaruh signifikan terhadap performa akademik mahasiswa di UINSI Samarinda.