Hubungan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Subscribers pada Tayangan di Channel YouTube UINSI TV Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Asri Octasyadewi, 2024. “Hubungan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Subscribers pada Tayangan di Channel YouTube UINSI TV Samarinda”. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Sri Ayu Rayhaniah,M.Sos sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kemudahan mengakses informasi pada saat ini dari internet hal ini membuat seseorang atau sekelompok juga mudah dalam memberikan informasi atau menyajikan konten melalui platform media seperti YouTube. Sebagai salah satu penyedia informasi kampus YouTube UINSI TV Samarinda memiliki subscribers yang menjadi pihak sasaran tersebut dalam menyajikan informasi. Adapun informasi merupakan tujuan dari komunikasi itu sendiri. Oleh karena itu penting untuk melihat apakah terdapat hubungan antara kualitas informasi dan kepuasan subscribers.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk menjelaskan fenomena berdasarkan hasil yang didapatkan. Subjek penelitian merupakan subscriber atau pengguna media YouTube UINSI TV berjumlah sebanyak 100 responden menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang berisi 30 pertanyaan, 15 pertanyaan pada kualitas informasi dan 30 pertanyaan pada kepuasan.
Hasil dari penelitian ini adalah kualitas informasi dan kepuasan subscribers memiliki hubungan positif yakni sebesar 0,748 dengan melihat interval 0,600-0,799 dinyatakan bahwa hubungan yang terjadi memiliki hubungan positif yang kuat. Dengan nilai t hitung yang diperoleh adalah 11,213 dengan signifikansi < 0,05. Nilai t tabel dengan df=n-k (100-2) sama dengan 98 maka nilai t tabel adalah 1,660. Maka t hitung yang diperoleh 11,213 lebih besar dari t tabel, maka artinya dengan perhitungan ini bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara variabel X terhadap variabel Y. dengan uji koefisien determinasi sebesar 56,2 %, sedangkan sisanya sebesar 43,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Maka dengan ini dapat disimpulkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas informasi terhadap kepuasan yang diperoleh. Saran yang diberikan oleh peneliti kepada pengelola YouTube UINSI TV Samarinda diharapkan mampu untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas tayangan yang telah ada untuk menunjang eksistensi sebagai pusat informasi yang ada di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad idris Samarinda.