Persepsi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UINSI Samarinda tentang Penggunaan TikTok sebagai Media Dakwah.
Abstract
ABSTRAK
Khusnul Khotimah, 2024. “Persepsi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UINSI Samarinda tentang Penggunaan TikTok sebagai Media Dakwah. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. M. Tahir, S.Ag., M.M. dan Khalif Oktifan Yani, M.Sos
Latar belakang dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UINSI Samarinda mengenai penggunaan TikTok yang digunakan sebagai media dakwah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UINSI Samarinda tentang penggunaan TikTok sebagai media dakwah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatitf deskriptif dengan pendekatan wawancara terpusat (focused interviews). Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami sebuah fenomena secara keseluruhan (khususnya dari sudut pandang subjek) yang digambarkan dalam bentuk kata dan kalimat dalam konteks alami yang khusus.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni Penggunaan aplikasi TikTok sebagai media dakwah pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam tahun 2020 menggunakan TikTok sebagai media dakwah sebagai penikmatkonten dakwah. kebanyakan mahasiswa mencari konten dakwah melalui aplikasi TikTok karena berupa video pendek edukatif.
Hasil yang didapatkan dengan dikaitkan dengan teori yang digunakan bahwa media baru terbukti bahwa denganadanya media dakwah baru ini lebih mudah hal inilah yang membuat pengguna internet lebih sering menghabiskan waktu dengan gadgetnya. Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam tahun 2020 memberikan persepsi positif yang artinya setuju serta mendukung penggunaan aplikasi TikTok sebagai media dakwah. Secara keseluruhan, menerapkan TikTok sebagai media dakwah ini bisa menjadi langkah yang positif untuk mencapai generasi muda dan menyebarkan pesan-pesan dakwah selain secara langsung, pendakwah juga bia menyampaikan pesan-pesan dakwahnya melalui platform media yang tren saat ini yaitu aplikasi TikTok dengan cara yang inovatif dan relevan dengan zaman.