Pendidikan Karakter Di Indonesia Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: konsep pendidikan karakter di Indonesia,
konsep pendidikan Islam, pendidikan karakter di Indonesia dan relevansinya terhadap
pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode library research, yaitu penelitian
yang dilakukan di perpustakaan yang objek penelitiannya dicari lewat beragam
informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dokumen) dan
lain sebagainya. Konsep pendidikan karakter di Indonesia adalah pendidikan nilai, yakni
pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia dalam
rangka pembinaan kepribadian generasi muda yang mencakup tiga Aspek yaitu
pengetahuan moral (moral knouwing), sikap moral (moral feelling), dan perilaku moral
(moral acting). Konsep pendidikan Islam adalah bimbingan yang diberikan oleh
seseorang kepada seseorang agar ia berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran
Islam yang menyangkut pembinaan aspek jasmani, akal, dan hati anak didik. Pendidikan
karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai, yakni
pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia.
Collections
- Artikel Umum [155]