Optimalisasi supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru: studi kasus di MANInsan CendekiaPaser
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan supervisi klinis dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru, khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain
studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen
yang dilakukan di MAN Insan Cendekia Paser Kalimantan Timur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa optimalisasi supervisi klinis melalui bimbingan langsung, evaluasi menyeluruh, serta
umpan balik konstruktif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru secara signifikan.
Para guru menunjukkan peningkatan dalam kemampuan merancang pembelajaran yang sesuai
dengan kebutuhan siswa dan keterampilan dalam mengelola kelas secara efektif. Kesimpulan:
Optimalisasi supervisi klinis terbukti mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru di
MAN Insan Cendekia Paser. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan
profesional guru di lingkungan pendidikan lainnya, khususnya dalam hal peningkatan kualitas
pembelajaran.
Kata kunci : Optimalisasi; Supervisi Klinis; Kompetensi Pedagogik Guru
Collections
- Artikel Umum [163]