Show simple item record

dc.contributor.authorFarihatun, Farihatun
dc.contributor.authorSudadi, Sudadi
dc.date.accessioned2025-05-29T09:28:55Z
dc.date.available2025-05-29T09:28:55Z
dc.date.issued2024-12
dc.identifier.issn2622-7215
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4742
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen yang dilakukan di MAN Insan Cendekia Paser Kalimantan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi supervisi klinis melalui bimbingan langsung, evaluasi menyeluruh, serta umpan balik konstruktif dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru secara signifikan. Para guru menunjukkan peningkatan dalam kemampuan merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan keterampilan dalam mengelola kelas secara efektif. Kesimpulan: Optimalisasi supervisi klinis terbukti mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN Insan Cendekia Paser. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan profesional guru di lingkungan pendidikan lainnya, khususnya dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran. Kata kunci : Optimalisasi; Supervisi Klinis; Kompetensi Pedagogik Guruen_US
dc.publisherTa’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(6), 452–459. Vol. 13, No. 6, Desember 2024en_US
dc.subjectKompetensi Pedagogik Guruen_US
dc.titleOptimalisasi supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru: studi kasus di MANInsan CendekiaPaseren_US
dc.title.alternativehttps://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i6.18104en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record