View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • E-Skripsi - Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • E-Skripsi - Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PESAN DAKWAH AINUN FAQIH @FACKEYXIAO1 DALAM KONTEN TIKTOK

Thumbnail
View/Open
skripsi_Qorinul Anhar_FUAD.pdf (141.7Kb)
Date
2024-06
Author
ANHAR, QORINUL
Metadata
Show full item record
Abstract
Qorinul Anhar, 2024. “Pesan Dakwah Ainun Faqih @Fackeyxiao1 Dalam Konten TikTok.” Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. M. Tahir, S.Ag., M.M. dan Saputranur, M.Sos. Latar belakang penelitian ini adalah kehadiran seorang pemuda bernama Ainun Faqih yang membuat konten dakwah di TikTok dengan akun @fackeyxiao1 yang memiliki keunikan dibandingkan pembuat konten dakwah lainnya. Kontennya unik karena pesan dakwahnya berfokus pada tanya jawab agama khususnya dalam fikih munakahat yang menarik perhatian netizen muda. Ia mampu menampilkan pendapat para ulama klasik sebagai background dari videonya dan dapat membacakannya dengan baik dengan menggunakan Bahasa Arab sehingga dalam penyampaiannya dapat diterima oleh khalayak karena dasarnya dari para ulama otoritatif. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi pesan dakwah dalam konten TikTok @fackeyxiao1 dan untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam konten TikTok @fackeyxiao1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik wawancara untuk menggali bagaimana proses produksi pesan dakwah dan menganalisis isi pesan dakwah dalam konten TikTok Ainun Faqih @fackeyxiao1. Teori yang digunakan untuk menggali proses produksi pesan dakwahnya adalah Action Assembly Theory atau teori gabungan tindakan yang dikembangkan oleh John Greene. Adapun untuk menganalisis isi kandungan pesan dakwahnya menggunakan teori analisis pesan oleh Harold D. Laswell. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui proses produksi pesan dakwah Ainun Faqih bermula dari pengetahuannya yang saling terhubung, yaitu pengetahuan agama, kemampuan berbahasa Arab, pengalaman di bahtsul masa’il, dan pengalamannya menggunakan TikTok. Bermula dari pengetahuan tadi diolah menjadi ide, kemudian ide diolah menjadi konsep kreatif, dan konsep-konsep kreatif dieksekusi menjadi pesan dakwah secara visual maupun non visual. Adapun pesan dakwah dalam konten akun TikTok @fackeyxiao1 berisi tentang akidah, syariah, dan akhlak. Dan syariah memiliki porsi paling besar dalam pesan dakwahnya. Kata Kunci: TikTok, dakwah digital, pesan dakwah, Ainun Faqih, fikih munakahat, syariah.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4766
Collections
  • E-Skripsi - Komunikasi dan Penyiaran Islam [66]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV