View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 34 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI _MUHAMMAD AGUNG IHSANUDDIN_FTIK.pdf (153.7Kb)
Date
2023-11
Author
IHSANUDDIN, MUHAMMAD AGUNG
Metadata
Show full item record
Abstract
Muhammad Agung Ihsanuddin, 2023, “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 34 Samarinda”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pembimbing dari penelitian yang dilakukan yaitu Prof. Dr. Zamroni, S.Pd. dan Ibu Anggie Nadia Dinihari, M.Pd. Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu, peneliti menemukan beberapa siswa di kelas VII dan VIII yang kurang aktif dalam pembelajaran PAI, seperti kurang responsif, dan tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan materi. Hal ini terjadi karena ada beberapa kemungkinan, salah satunya adalah karena baru dimulainya pembelajaran secara offline pada masa pandemi yang dimana ada kemungkinan siswa masih beradaptasi dengan suasana pembelajaran offline. Dalam hasil suvei ditemukan bahwa guru PAI di sini juga pernah menggunakan model pembelajaran Example Non Example yang diterapkan pada materi sholat berjamaah. Maka dalam penelitian yang dilakukan guna mengidentifikasi besarnya pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example pada keaktifan siswa kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian yang dilakukan menerapkan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Banyaknya siswa yaitu 133 yang berasal dari kelas VII dan kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan angket. Sedangkan teknik analisis data diterapkan dengan analisis regresi linear sederhana. Dalam penelitian yang telah dilakukan diperoleh sebuah hasil dengan didasarkan pada hasil analisis data regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini diperoleh nilai R = 0,714 dan nilai R Square = 0.510. Dari perhitungan uji regresi linear sederhana diperoleh model Pembelajaran Example Non Example berpengaruh terhadap keaktifan siswa sebesar 51,0% dan 49,0% terdapat faktor lain yang mempengaruhi. Hasil yang didapatkan pada uji regresi linear sederhana yang mana nilai signifikansi yang besarnya 0.000 < 0.05 yang mana bila nilai signifikansinya < 0.05, hal ini dapat diartikan dengan variabel X memberi pengaruh pada variabel Y.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4781
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [900]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV