Show simple item record

dc.contributor.authorIHSANUDDIN, MUHAMMAD AGUNG
dc.date.accessioned2025-06-19T00:22:44Z
dc.date.available2025-06-19T00:22:44Z
dc.date.issued2023-11
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4781
dc.description.abstractMuhammad Agung Ihsanuddin, 2023, “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 34 Samarinda”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pembimbing dari penelitian yang dilakukan yaitu Prof. Dr. Zamroni, S.Pd. dan Ibu Anggie Nadia Dinihari, M.Pd. Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu, peneliti menemukan beberapa siswa di kelas VII dan VIII yang kurang aktif dalam pembelajaran PAI, seperti kurang responsif, dan tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan materi. Hal ini terjadi karena ada beberapa kemungkinan, salah satunya adalah karena baru dimulainya pembelajaran secara offline pada masa pandemi yang dimana ada kemungkinan siswa masih beradaptasi dengan suasana pembelajaran offline. Dalam hasil suvei ditemukan bahwa guru PAI di sini juga pernah menggunakan model pembelajaran Example Non Example yang diterapkan pada materi sholat berjamaah. Maka dalam penelitian yang dilakukan guna mengidentifikasi besarnya pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example pada keaktifan siswa kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian yang dilakukan menerapkan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Banyaknya siswa yaitu 133 yang berasal dari kelas VII dan kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan angket. Sedangkan teknik analisis data diterapkan dengan analisis regresi linear sederhana. Dalam penelitian yang telah dilakukan diperoleh sebuah hasil dengan didasarkan pada hasil analisis data regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini diperoleh nilai R = 0,714 dan nilai R Square = 0.510. Dari perhitungan uji regresi linear sederhana diperoleh model Pembelajaran Example Non Example berpengaruh terhadap keaktifan siswa sebesar 51,0% dan 49,0% terdapat faktor lain yang mempengaruhi. Hasil yang didapatkan pada uji regresi linear sederhana yang mana nilai signifikansi yang besarnya 0.000 < 0.05 yang mana bila nilai signifikansinya < 0.05, hal ini dapat diartikan dengan variabel X memberi pengaruh pada variabel Y.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Example Non Example, Keaktifan Siswa, Pendidikan Agama Islam.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 34 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record