dc.description.abstract | Reny Dian Cahyani, 2024. “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Pada Masyarakat Muslim Kota Samarinda”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Akhmad Nur Zaroni, M.Ag dan Ibu Hj. Kokom Komariah, SP., M.Si.
Literasi keuangan syariah mencerminkan pemahaman dan sikap nasabah, literasi keuangan syariah yang rendah akan menjadi hambatan masyarakat dalam memahami produk apa yang akan digunakan, sedangkan religiusitas merupakan suatu keyakinan terhadap agama dan dapat dijadikan motivator untuk mendorong seorang muslim menggunakan bank syariah dan sedangkan untuk promosi merupakan cara untuk menarik seseorang agar menggunakan bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan Syariah (X1), Religiusitas (X2) dan Promosi (X3) secara Parsial dan Simultan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah (Y) di Kota Samarinda.
Metode penelitian merupakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Masyarakat Muslim Kota Samarinda yang berjumlah 786.964 jiwa, sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 masyarakat muslim. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengukuran skala Likert. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan SPSS ver. 21.
Berdasarkan hasil perhitungan variabel Literasi Keuangan Syariah berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai thitung 6,318 > ttabel 1,988. Selanjutnya, variabel Religiusitas tidak berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah dengan nilai signifikansi 0,872 > 0,05 dan nilai thitung 0,162 < ttabel 1,988. Berikutnya, Promosi berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah dengan nilai signifikansi 0,031 < 0,05 dan nilai thitung 2,199 > ttabel 1,988. Sedangkan dari hasil uji simultan, variabel Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas dan Promosi berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah dengan nilai Fhitung 44.321 > Ftabel 2,71 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. | en_US |