KORELASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR ISLAM DI KOTA BONTANG
Abstract
Muhsin, 2024. “Korelasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Islam di Kota Bontang”. Tesis. Program Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd. sebagai pembimbing I dan Dr. Bahrani, M.Pd. sebagai pembimbing II.
Kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah merupakan hal yang dapat membentuk sistem kinerja pada guru di sekolah. Dengan hal tersebut, penelitian ini mengkaji terkait korelasi antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru pada sekolah dasar Islam di Kota Bontang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, korelasi budaya sekolah terhadap kinerja guru, dan juga korelasi kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengambil sampel 115 guru di empat sekolah dasar, yaitu SD Muhammadiyah 1 Bontang, SD Muhammadiyah 2 Bontang, SD Bintang Bontang, dan SDIT Cahaya Fikri Bontang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner atau angket yang disebar melalui Google Form. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji korelasi untuk mengetahui hubungan variabel independen dan dependen secara parsial, dan uji korelasi berganda untuk mengetahui hubungan variabel independen dan dependen secara simultan.
Hasil penelitian menunjukkan:
(1) Adanya korelasi yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,523 dengan nilai signifikansi 0,002, yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara kedua variabel tersebut.
(2) Demikian pula, hasil analisis menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara budaya sekolah dan kinerja guru, dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,482 dan nilai signifikansi 0,000.
(3) Hasil analisis secara simultan menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Nilai koefisien korelasi (R) yang dihitung sebesar 0,586 dengan nilai signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa kedua faktor tersebut memiliki korelasi yang signifikan secara statistik terhadap kinerja guru pada sekolah dasar Islam di Kota Bontang, di mana sekitar 34,4% variasi pada variabel kinerja guru dapat dijelaskan oleh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah. Hipotesis yang menyatakan terdapat korelasi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru pada sekolah dasar Islam di Kota Bontang diterima.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Merealisasikan Program Kerja Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sebulu
Riduan, Muhammad (IAIN Samarinda, 2017-09-12)ABSTRAK Muhammad Riduan, 2017. “Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Merealisasikan Program Kerja Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sebulu”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan ... -
Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Samarinda
Chotimah, Chusnul (IAIN Samarinda, 2019-09-18)ABSTRAK Chusnul Chotimah,2019. “Di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri ... -
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT Cordova) Samarinda tahun ajaran 2018/2019.
Puspa, Putri Hardiyanti (IAIN Samarinda, 2019-09-13)ABSTRAK Putri Hardiyanti Puspa, 2019. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT Cordova) Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu ...