dc.description.abstract | Amelinda Nur Hiklima, 2024. "Analisis Kebutuhan Komprehensif Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas Lima di MI Ar-Raudhah Tahun Ajaran 2024/2025". Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dina Destari, S.S., M.Pd sebagai pembimbing pertama dan Anis Komariah, M.Pd sebagai pembimbing kedua.
Bahasa Inggris berfungsi sebagai bahasa pengantar utama di banyak universitas dan lembaga pendidikan bergengsi di seluruh dunia, memainkan peran penting dalam pendidikan, bisnis, dan teknologi. Di Indonesia, menguasai bahasa Inggris sangat penting untuk meningkatkan peluang akademis dan profesional, sehingga pembelajaran di tingkat sekolah dasar menjadi vital untuk membangun fondasi yang kuat.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi kebutuhan belajar siswa kelas lima di MI Ar-Raudhah di Samarinda, dengan fokus khusus pada kelas 5C yang dipilih melalui sampling acak. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi yang melibatkan 12 siswa dan guru bahasa Inggris mereka. Analisis mengikuti model Miles, Huberman, dan Saldana, dengan memastikan kevalidan melalui triangulasi sumber dan waktu.
Studi ini menemukan bahwa siswa menyadari pentingnya belajar bahasa Inggris, meskipun mereka menghadapi tantangan dalam menulis, berbicara, dan pemahaman. Metode interaktif seperti lagu dan permainan secara signifikan meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka. Untuk menciptakan program pembelajaran yang efektif, penting untuk menggabungkan metode interaktif ini dan materi yang menarik, memastikan kurikulum bahasa Inggris memenuhi kebutuhan siswa secara efektif. | en_US |