UPAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS AL-MUJAHIDIN 2 SAMARINDA
Abstract
Dicky Arnoldvan, 2024. “Upaya Madrasah Dalam Membentuk
Akhlakul Karimah Siswa Di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris
Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zamroni, M.Pd Dan
Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd
Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya pembentukan akhlak
dan spiritual siswa, yang meliputi nilai-nilai keagamaan, kegiatan ibadah, serta
akhlak mulia melalui upaya membentuk akhlakul karimah siswa. Dengan
memperkuat pondasi akhlak siswa melalui pendidikan karakter yang didasarkan
nilai-nilai islam, kepala madrasah dan guru dapat membentuk siswa menjadi
individu yang lebih berakhlakul karimah, bertanggung jawab, peduli, dan beretika.
Ini tidak hanya menguntungkan masa depan siswa sebagai individu, tetapi juga
bermanfaat bagi masyarakat.
Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda. Sumber
data diperoleh dari Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak dan Siswa.
Pengumpulan data dilakukan melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah dan Lembaga MTs
Al-Mujahidin 2 Samarinda berperan sebagai pembentukan akhlakul karimah siswa,
membantu siswa memahami konsep agama dan nilai-nilai moral serta etika,
sehingga siswa menjadi individu yang bermoral dan bertanggung jawab dalam
kehidupan beragama. Faktor pendukung dalam membentuk akhlakul karimah siswa
di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda yaitu adanya dorongan dari kepala madrasah,
guru yang menjadi peran dalam menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah serta
dukungan dari lingkungan sekitar, termasuk teman sebaya. Sedangkan faktor
penghambat dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTs Al-Mujahidin 2
Samarinda meliputi: 1) keterbatasan fasilitas pendukung seperti air wudhu sering
tidak mengalir; keterlambatan siswa; serta pengaruh negatif dari lingkungan sekitar
dan teman sebaya. 2) rasa malas dan kurangnya kepedulian juga menjadi hambatan
dalam membentuk akhlakul karimah siswa.