Show simple item record

dc.contributor.authorArnoldvan, Dicky
dc.date.accessioned2025-07-11T01:46:38Z
dc.date.available2025-07-11T01:46:38Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5012
dc.description.abstractDicky Arnoldvan, 2024. “Upaya Madrasah Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zamroni, M.Pd Dan Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya pembentukan akhlak dan spiritual siswa, yang meliputi nilai-nilai keagamaan, kegiatan ibadah, serta akhlak mulia melalui upaya membentuk akhlakul karimah siswa. Dengan memperkuat pondasi akhlak siswa melalui pendidikan karakter yang didasarkan nilai-nilai islam, kepala madrasah dan guru dapat membentuk siswa menjadi individu yang lebih berakhlakul karimah, bertanggung jawab, peduli, dan beretika. Ini tidak hanya menguntungkan masa depan siswa sebagai individu, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda. Sumber data diperoleh dari Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah dan Lembaga MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda berperan sebagai pembentukan akhlakul karimah siswa, membantu siswa memahami konsep agama dan nilai-nilai moral serta etika, sehingga siswa menjadi individu yang bermoral dan bertanggung jawab dalam kehidupan beragama. Faktor pendukung dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTs Al Mujahidin 2 Samarinda yaitu adanya dorongan dari kepala madrasah, guru yang menjadi peran dalam menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah serta dukungan dari lingkungan sekitar, termasuk teman sebaya. Sedangkan faktor penghambat dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda meliputi: 1) keterbatasan fasilitas pendukung seperti air wudhu sering tidak mengalir; keterlambatan siswa; serta pengaruh negatif dari lingkungan sekitar dan teman sebaya. 2) rasa malas dan kurangnya kepedulian juga menjadi hambatan dalam membentuk akhlakul karimah siswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectAkhlakul Karimah, Pendidikan Agama Islam, Madrasah, MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda.en_US
dc.titleUPAYA MADRASAH DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTS AL-MUJAHIDIN 2 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record