Show simple item record

dc.contributor.authorMUNAWARAH, MARDHIATUL
dc.date.accessioned2025-07-15T02:25:02Z
dc.date.available2025-07-15T02:25:02Z
dc.date.issued2024-06
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5036
dc.description.abstractMardhiatul Munawarah, 2024. “Upaya Meningkatkan Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Pasca Serangan Cyber Ransomware Bank Syariah Indonesia (Studi BSI KC. Antasari – Samarinda)”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Mursyid, S.Ag., M.SI selaku dosen pembimbing I dan Bapak Basrie, S.Kom., M.Kom selaku dosen pembimbing II. Di era digitalisasi yang semakin berkembang saat ini, banyak sektor yang terkena dampak dari kejahatan cyber, salah satunya pada sektor perbankan. Khususnya serangan Cyber Ransomware pada sektor perbankan yang kini menjadi suatu masalah terkait kepercayaan dan kepuasan nasabahnya juga keamanan data nasabah di bank, termasuk di Bank Syariah Indonesia. Serangan Cyber Ransomware ini dapat mengakibatkan adanya gangguan pada operasional, bocornya data privacy para nasabah yang dapat merusak reputasi nama bank tersebut. Oleh karena itu, adanya penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana cara bank dalam berupaya meningkatkan kepercayaan dan kepuasan nasabah pasca serangan Cyber Ransomware Bank Syariah Indonesia. Isu yang dapat diteliti dalam hal ini ialah upaya yang dilakukan BSI dalam meningkatkan rasa kepercayaan dan kepuasan nasabah pasca serangan Cyber Ransomware. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dihasilkan dapat dituangkan dalam bentuk informasi berupa tulisan mengenai upaya yang dilakukan Bank Syariah Indonesia dalam meningkatkan kepercayaan dan kepuasan nasabah pasca serangan Cyber Ransomware. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu memberikan bukti adanya upaya yang telah dilakukan pihak BSI untuk meningkatkan rasa kepercayaan dan kepuasan nasabah pasca terjadinya serangan Cyber Ransomware. Kepercayaan dan kepuasan nasabah dapat ditingkatkan lagi dengan melakukan strategi yang tepat seperti meningkatkan keamanan sistem layanan secara konsisten, memberikan informasi dengan transparan kepada nasabah, meningkatkan kesadaran diri para nasabah akan pentingnya menjaga keamanan serta privacy data milik pribadi. Dengan demikian, kesimpulan dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa melakukan upaya untuk meningkatkan rasa kepercayaan dan kepuasan nasabah ini sangat perlu dilakukan bank dalam menjaga reputasinya serta juga terus meningkatkan keamanan sistem agar dapat meminimalisir kejadian serupa tidak terulang kembali.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKepuasan Nasabah, Kepercayaan Nasabah, Cyber Ransomware, dan Bank Syariah Indonesia.en_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN NASABAH PASCA SERANGAN CYBER RANSOMWARE BANK SYARIAH INDONESIA (Studi BSI KC. Antasari - Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record