View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT-TEAM-ACHIEVEMENT-DIVISION) DALAM KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KOTA SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
TESIS_RIVAN MUTIASARI EFENDI_PASCASARJANA_PIAUD.pdf (167.0Kb)
Date
2024-06
Author
EFENDI, RIVAN MUTIASARI
Metadata
Show full item record
Abstract
Rivan Mutiasari Efendi. 2024. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Kemampuan Sosial-Emosional Anak Usia Dini di Kota Samarinda”. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zamroni, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Dr. H. M. Kusasi, M.Pd sebagai Pembimbing II. Penelitian ini berlatar belakang dengan melihat fenomena yang terlihat yaitu kemampuan sosial-emosional anak yang belum berkembang. Pada kemampuan sosial-emosional siswa yang ditanamkan melalui pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran dimana siswa berpartisipasi dalam kelompok dan saling berinteraksi sehingga dapat meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak melalui kerja sama tim. Penelitian ini tertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam kemampuan sosial-emosional anak usia dini di Kota Samarinda serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam kemampuan sosial-emosional anak usia dini di Kota Samarinda. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Lembaga yang menjadi tempat penelitian yaitu RA Ma’arif NU Plus 001 Samarinda, PAUD Cakrawala Kaki Langit Samarinda, dan PAUD Lestari Kids Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian berdasarkan temuan di lapangan menunjukkan bahwa sekolah sudah mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui program-program yang telah disusun dan dikembangkan oleh pendidik dan tenaga pendidik melalui kegiatan berkemah, bermain puzzle, dan bermain balok. Kemampuan sosial-emosional anak usia dini di Kota Samarinda menunjukkan bahwa mayoritas 83% anak sudah memiliki kemampuan dalam sosial-emosional. Namun, ada sekitar 17% anak yang kemampuan sosial-emosionalnya muncul secara signifikan. Adapun faktor pendukung dalam model pembelajaran kooperatif berupa sarana dan prasarana serta keterlibatan guru secara aktif dalam pembelajaran. Guru terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan menyediakan sarana dan prasarana sebelum membuat rencana pembelajaran. Terdapat faktor penghambat model pembelajaran kooperatif berupa keterbatasan perhatian anak yang mengakibatkan pembelajaran kurang efektif, fokus anak mudah terpecah terhadap sedikit gangguan, serta suasana hati anak yang sering kali berubah-ubah.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5181
Collections
  • E-Thesis - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [40]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV