Show simple item record

dc.contributor.authorMUSDALIFA, MUSDALIFA
dc.date.accessioned2025-08-20T01:21:11Z
dc.date.available2025-08-20T01:21:11Z
dc.date.issued2024-11
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5200
dc.description.abstractMusdalifa, 2024. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Masyarakat Kalimantan Timur dalam Bertransaksi pada Bank Syariah”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Mursyid, S.Ag., M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Irma Yuliani, M.Si selaku Dosen Pembimbing II. Bank syariah di Kalimantan Timur telah berkembang cukup pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan berbasis prinsip syariah. Kalimantan Timur merupakan daerah utama Kalimantan yang berhasil mempercepat pembangunan keuangan pada triwulan 2019. Adanya Bank Syariah di Kalimantan Timur dari data Bank Indonesia sebenarnya sudah ada sejak bulan Maret tahun 2008 melalui Unit Usaha Syariah, Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur. Dalam melakukan kegiatan ekonomi khususnya pada kegiatan yang mengharuskan menggunakan jasa perbankan tentunya membutuhkan pertimbangan. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam kegiatan ekonominya terutama pada bank syariah seperti kualitas pelayanan, lokasi bank, dan bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara kualitas pelayanan, lokasi, dan bagi hasil terhadap pengambilan keputusan, serta pengaruh secara simultan antara kualitas pelayanan, lokasi, dan bagi hasil terhadap pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kalimantan Timur yang pernah melakukan transaksi pada bank syariah. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik nonprobability. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap pengambilan keputusan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t hitung (3.657) > t tabel (1.985) dan signifikan (0.000) < 0.05. Faktor lokasi berpengaruh secara parsial terhadap pengambilan keputusan, hal ini dapat dilihat dari uji t hitung (3.204) > t tabel (1.985) dan signifikan (0.002) < 0.05. Faktor bagi hasil berpengaruh secara parsial terhadap pengambilan keputusan, hal ini dapat dilihat dari uji t hitung (3.548) > t tabel (1.985) dan signifikan (0.001) < 0.05. Faktor kualitas pelayanan, lokasi, dan bagi hasil secara simultan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, hal ini dapat dilihat dari hasil uji F yang mana nilai signifikan 0.000 < 0.05 sedangkan F hitung 21.145 > F tabel 2.70.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKualitas pelayanan, lokasi, bagi hasil, pengambilan keputusan, bank syariah.en_US
dc.titleANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASYARAKAT KALIMANTAN TIMUR DALAM BERTRANSAKSI PADA BANK SYARIAHen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record