Show simple item record

dc.contributor.authorNINGRUM, AMALIA RISKY
dc.date.accessioned2025-08-25T01:11:07Z
dc.date.available2025-08-25T01:11:07Z
dc.date.issued2024-07
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5219
dc.description.abstractAmalia Risky Ningrum, 2024. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Cicil Emas pada BSI KCP Samarinda Pahlawan”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Norvadewi, M.Ag dan Bapak Basrie, M.Kom. Perkembangan BSI yang sangat pesat membuat BSI mengeluarkan produk baru yang banyak diminati berbagai kalangan, yaitu BSI Cicil Emas. BSI Cicil Emas bertujuan untuk memudahkan semua kalangan dalam memiliki emas dengan cara dicicil/angsuran sesuai jumlah yang sama setiap bulan dan dapat memilih jangka waktu sesuai yang diinginkan. Dengan meningkatnya nasabah hingga saat ini, penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan syariah yang terdapat di Samarinda, yaitu BSI KCP Samarinda Pahlawan. Untuk menarik minat nasabah, ada berbagai strategi yang dilakukan oleh BSI KCP Samarinda Pahlawan yang dipengaruhi oleh promosi, kepercayaan, dan harga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 224 orang yang terdaftar menjadi nasabah cicil emas pada BSI KCP Samarinda Pahlawan. Kemudian diambil sampel sebanyak 70 orang menggunakan teknik sampling insidental. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), regresi linier berganda dengan uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R²) dengan taraf signifikan sebesar 5%. Analisis data statistik menggunakan program SPSS versi 21 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel promosi secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai t hitung 2,090 > t tabel 1,997. Variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai t hitung 2,152 > t tabel 1,997. Variabel harga secara parsial berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai t hitung 5,138 > t tabel 1,997. Berdasarkan hasil uji F (simultan), variabel promosi, kepercayaan, dan harga secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai F hitung 53,246 > F tabel 3,132.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPromosi, Kepercayaan, Harga, Minat Nasabah.en_US
dc.titlePENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN, DAN HARGA TERHADAP MINAT NASABAH MEMILIH PRODUK CICIL EMAS PADA BSI KCP SAMARINDA PAHLAWANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record