View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERMAKNA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI DI SMKN 8 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_HANA SHAJIDAH_FTIK.pdf (207.8Kb)
Date
2025-02
Author
SHAJIDAH, HANA
Metadata
Show full item record
Abstract
Hana Shajidah, 2025. “Implementasi Pembelajaran Bermakna Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di SMK Negeri 8 Samarinda.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Mujahidah, M.Si., M.Psi. dan Atika Muliyandari, M.Pd. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada proses pembelajaran bermakna di SMK Negeri 8 Samarinda, di mana guru menggunakan 3 indikator pembelajaran bermakna; head (kemampuan peserta didik dalam menghubungkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru); heart (kemampuan peserta didik dalam memperoleh pemahaman mendalam); hand (kemampuan peserta didik untuk menyelesaikan suatu permasalahan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran bermakna peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di SMK Negeri 8 Samarinda, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi proses implementasi pembelajaran bermakna. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi secara langsung (pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI MPLB 1), wawancara semi-terstruktur (wakil kepala bidang kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik kelas XI MPLB 1), serta pengumpulan dokumen (modul ajar dan lembar penilaian). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, sedangkan analisis data dilakukan secara sistematis menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran bermakna peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti mencakup tiga komponen pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi pelatihan guru dan pembuatan modul. Tahap pelaksanaan berfokus pada penjelasan materi pelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning terintegrasi social emotional learning, di mana guru mengarahkan peserta didik agar pembelajaran menjadi bermakna. Tahap evaluasi dilakukan dalam dua bentuk, yaitu sesi tanya jawab pada saat proses pembelajaran dan evaluasi terjadwal berupa ujian tengah semester dan ujian akhir semester. (2) Faktor pendukung dalam pembelajaran bermakna adalah adanya dukungan kepala sekolah serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesiapan dan kehadiran peserta didik di kelas, masih adanya guru yang kurang memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta jumlah proyektor yang masih terbatas.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5241
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1028]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV