View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MTs NEGERI SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_MUHAMMAD HUSAINI_FTIK (2).pdf (72.91Kb)
Date
2023-10
Author
HUSAINI, MUHAMMAD
Metadata
Show full item record
Abstract
Muhammad Husaini, 2023. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VIII MTs Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing I dan Muhamad Agil, M.Sc. sebagai Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran fiqih yang terlalu monoton, yakni hanya bertumpu pada pembelajaran konvensional sehingga membuat para siswa menjadi bosan. Penggunaan media yang inovatif merupakan suatu keharusan pada perkembangan zaman agar didapatkan hasil belajar yang maksimal. Quizizz menjadi salah satu aplikasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Negeri Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimental dengan pendekatan kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Purposive Sampling karena peneliti menetapkan kriteria tertentu untuk dijadikan sampel. Sampel yang diambil berjumlah 64 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, hasil tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik dengan metode uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney, diperoleh nilai Asymp. Sig. 0,000 < signifikansi 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat diartikan adanya pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Negeri Samarinda. Besaran pengaruh yang dihasilkan dapat dilihat pada uji Mann Whitney Signed Ranks, didapatkan bahwa terjadi pengaruh ke arah positif dengan peningkatan rata-rata sebesar 46,53 dan peningkatan hasil sebesar 1489,00. Skor uji N-Gain yang didapatkan sebesar 90,9%, berarti terdapat efektivitas yang tinggi setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Quizizz.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5298
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1018]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV