Show simple item record

dc.contributor.authorHUSAINI, MUHAMMAD
dc.date.accessioned2025-09-09T01:07:47Z
dc.date.available2025-09-09T01:07:47Z
dc.date.issued2023-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5298
dc.description.abstractMuhammad Husaini, 2023. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VIII MTs Negeri Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing I dan Muhamad Agil, M.Sc. sebagai Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran fiqih yang terlalu monoton, yakni hanya bertumpu pada pembelajaran konvensional sehingga membuat para siswa menjadi bosan. Penggunaan media yang inovatif merupakan suatu keharusan pada perkembangan zaman agar didapatkan hasil belajar yang maksimal. Quizizz menjadi salah satu aplikasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Negeri Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimental dengan pendekatan kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Purposive Sampling karena peneliti menetapkan kriteria tertentu untuk dijadikan sampel. Sampel yang diambil berjumlah 64 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, hasil tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik dengan metode uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney, diperoleh nilai Asymp. Sig. 0,000 < signifikansi 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat diartikan adanya pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Negeri Samarinda. Besaran pengaruh yang dihasilkan dapat dilihat pada uji Mann Whitney Signed Ranks, didapatkan bahwa terjadi pengaruh ke arah positif dengan peningkatan rata-rata sebesar 46,53 dan peningkatan hasil sebesar 1489,00. Skor uji N-Gain yang didapatkan sebesar 90,9%, berarti terdapat efektivitas yang tinggi setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Quizizz.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectQuizizz, Hasil Belajar, Fiqih, Media Pembelajaran, MTs.en_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MTs NEGERI SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record