View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH MERGER TIGA BANK SYARIAH MENJADI PT. BANK SYARIAH INDONESIA TERHADAP SWITCHING BEHAVIOR NASABAH (STUDI PADA MAHASISWA DI KOTA SAMARINDA)

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_DEWI SALSABILA_FEBI.pdf (156.3Kb)
Date
2023-06
Author
SALSABILA, DEWI
Metadata
Show full item record
Abstract
Dewi Salsabila, 2023. “Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah menjadi PT. Bank Syariah Indonesia terhadap Switching Behavior Nasabah (Studi pada Mahasiswa di Kota Samarinda)”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dedy Mainata, S.E., M.Ag. dan Ibu Yovanda Noni, S.E., M.E. Perilaku nasabah terhadap bank seringkali berubah-ubah sejalan dengan karakter yang dimiliki oleh seorang nasabah. Salah satu bentuk perilaku nasabah terhadap bank adalah switching behavior. Switching behavior dapat terjadi dalam dunia perbankan ketika seorang nasabah memutuskan untuk beralih dari salah satu bank ke bank lainnya dengan berbagai alasan. Berita mengenai merger bank syariah yang beredar di masyarakat dapat memicu perilaku switching behavior nasabah di luar pengguna bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merger PT. Bank Syariah Indonesia terhadap switching behavior nasabah pada mahasiswa di Kota Samarinda dengan menggunakan variabel promosi, informasi, dan persepsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif, dengan mahasiswa perguruan tinggi negeri Samarinda sebagai populasi penelitian sebanyak 49.155 orang. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, serta Skala Likert sebagai skala pengukurannya. Teknik analisis data meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan analisis linier berganda. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa promosi merger Bank Syariah Indonesia berpengaruh secara signifikan terhadap switching behavior nasabah dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Informasi merger Bank Syariah Indonesia tidak berpengaruh secara signifikan terhadap switching behavior nasabah dengan nilai sig. 0,860 > 0,05. Persepsi merger Bank Syariah Indonesia berpengaruh secara signifikan terhadap switching behavior nasabah dengan nilai sig. 0,002 < 0,05. Demikian dengan promosi, informasi, dan persepsi merger Bank Syariah Indonesia memiliki pengaruh secara simultan terhadap switching behavior nasabah.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5359
Collections
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah [349]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV