View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 7 TENGGARONG

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_M.ABDUL RAHMAN MADUI_FTIK.pdf (2.885Mb)
SKRIPSI_M.ABDUL RAHMAN MADUI_FTIK.pdf (2.885Mb)
Date
2023-03
Author
MADUI, M.ABDUL RAHMAN
Metadata
Show full item record
Abstract
M. Abdul Rahman Madui, 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Tenggarong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag., dan Misbahul Fuad, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dimana guru Pendidikan Agama Islam dihadapkan pada suatu tantangan dalam usaha menginternalisasikan nilai-nilai multikultural. Setelah peneliti melakukan observasi di SMP Negeri 7 Tenggarong, ketika dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa yang beragama non-muslim diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana urgensi internalisasi nilai-nilai multikultural pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui hasil dari internalisasi nilai-nilai multikultural pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta untuk mengetahui tahapan dalam internalisasi nilai-nilai multikultural pada pelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Urgensi internalisasi nilai-nilai multikultural pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Tenggarong sangat urgen, mengingat dalam ruang lingkup sekolah tersebut memiliki siswa dengan latar belakang yang beragam, sehingga guru dituntut untuk dapat menanamkan sikap seperti nilai-nilai toleransi dan solidaritas. (2) Guru Pendidikan Agama Islam telah melaksanakan tahap-tahap internalisasi nilai yaitu: (a) tahap transformasi nilai, dimana guru memberikan teguran kepada siswa yang tidak menghargai pendapat temannya; (b) tahap transaksi nilai, guru memberikan nasehat kepada siswa untuk saling menghargai; (c) tahap transinternalisasi nilai, dimana guru memberikan tugas kelompok dan siswa berdiskusi bersama. (3) Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Tenggarong terdapat nilai-nilai multikultural seperti: (a) solidaritas, bekerja sama dalam mengerjakan tugas dan meminjamkan buku ketika teman tidak membawa buku paket; (b) toleransi, saling menyapa, menunggu teman shalat Zuhur berjamaah ketika pulang, dan tidak mengganggu ketika teman sedang shalat.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5406
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1015]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV