View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 18 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_NADYATAN SYARIFAH_FTIK.pdf (114.7Kb)
Date
2023-06
Author
Syarifah, Nadyatan
Metadata
Show full item record
Abstract
Nadyatan Syarifah, 2023. Pengaruh Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 18 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag., dan Kiki Maharani, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah selama pembelajaran yang dilakukan di sekolah motivasi siswa dinilai belum maksimal. Hal ini menjadi sebuah permasalahan dikarenakan motivasi belajar siswa termasuk faktor penting dalam tercapainya prestasi belajar. Rendahnya motivasi belajar siswa terlihat dari ketidakantusiasan siswa ketika proses belajar mengajar dimulai, kurangnya minat dalam berdiskusi dengan teman atau guru dalam proses kegiatan belajar, cenderung pasif, dan kurang mematuhi peraturan yang ada di sekolah. Dalam hal ini guru merupakan acuan pertama terjadinya suatu masalah pada motivasi belajar siswa dikarenakan guru merupakan tombak utama dalam keberhasilan belajar siswa di sekolah. Kinerja guru yang baik diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dan mutu pendidikan menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 18 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan instrumen pengumpulan berupa observasi, wawancara, dan angket. Sampel pada penelitian ini merupakan seluruh jumlah populasi penelitian dengan jumlah 90 siswa dan menggunakan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji korelasi product moment, uji linearitas, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi akhir dengan memakai taraf signifikansi 5% yakni sebesar 5,878 > 1,662 dengan hasil uji korelasi product moment memperoleh hasil sebesar 0,531 berada pada interpretasi “sedang”. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dinyatakan diterima bahwa terdapat pengaruh cukup signifikan antara kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 18 Samarinda.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5408
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1015]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV