Show simple item record

dc.contributor.authorSyarifah, Nadyatan
dc.date.accessioned2025-10-02T03:40:38Z
dc.date.available2025-10-02T03:40:38Z
dc.date.issued2023-06
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5408
dc.description.abstractNadyatan Syarifah, 2023. Pengaruh Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 18 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag., dan Kiki Maharani, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah selama pembelajaran yang dilakukan di sekolah motivasi siswa dinilai belum maksimal. Hal ini menjadi sebuah permasalahan dikarenakan motivasi belajar siswa termasuk faktor penting dalam tercapainya prestasi belajar. Rendahnya motivasi belajar siswa terlihat dari ketidakantusiasan siswa ketika proses belajar mengajar dimulai, kurangnya minat dalam berdiskusi dengan teman atau guru dalam proses kegiatan belajar, cenderung pasif, dan kurang mematuhi peraturan yang ada di sekolah. Dalam hal ini guru merupakan acuan pertama terjadinya suatu masalah pada motivasi belajar siswa dikarenakan guru merupakan tombak utama dalam keberhasilan belajar siswa di sekolah. Kinerja guru yang baik diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dan mutu pendidikan menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 18 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan instrumen pengumpulan berupa observasi, wawancara, dan angket. Sampel pada penelitian ini merupakan seluruh jumlah populasi penelitian dengan jumlah 90 siswa dan menggunakan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji korelasi product moment, uji linearitas, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi akhir dengan memakai taraf signifikansi 5% yakni sebesar 5,878 > 1,662 dengan hasil uji korelasi product moment memperoleh hasil sebesar 0,531 berada pada interpretasi “sedang”. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dinyatakan diterima bahwa terdapat pengaruh cukup signifikan antara kinerja guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 18 Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectkinerja guru, Pendidikan Agama Islam, budi pekerti, motivasi belajar, SMPN 18 Samarindaen_US
dc.titlePENGARUH KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 18 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record