View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

FENOMENA BODY IMAGE DI MEDIA SOSIAL BAGI KALANGAN MAHASISWA UINSI SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_FITRIA HANDAYANI_FUAD.pdf (110.9Kb)
Date
2022-12
Author
HANDAYANI, FITRIA
Metadata
Show full item record
Abstract
Fitria Handayani, 2022. “Fenomena Body Image di Media Sosial bagi Kalangan Mahasiswa UINSI Samarinda.” Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Ida Suryani Wijaya, M.Si dan Sabiruddin, M.A. Fenomena body image merujuk pada sebuah bentuk penilaian akan penampilan tubuh di media sosial Instagram. Adanya media sosial Instagram dapat membagikan suatu momen dalam bentuk foto dan video dengan menggunakan berbagai fitur yang telah disajikan. Selain itu, media sosial Instagram menampilkan berbagai orang dengan bentuk tubuh ideal. Hal tersebut menjadikan individu, terutama mahasiswa, melakukan body image. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena yang terjadi pada mahasiswa UINSI Samarinda dalam menampilkan body image di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Penelitian ini melibatkan lima mahasiswa yang aktif dalam media sosial Instagram. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini mencakup data collection, data condensation, data display, dan data conclusion. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa UINSI Samarinda melakukan body image di media sosial Instagram dengan mempersepsikan secara negatif, yaitu menggunakan filter karena dianggap lebih menarik dibandingkan tidak menggunakan sama sekali, cemas terlihat gemuk dalam foto sehingga berusaha agar tidak terlihat gemuk dengan memperhatikan pengambilan foto, cemas akan komentar negatif orang lain, dan membandingkan penampilan tubuhnya dengan orang lain di Instagram. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa mempersepsikan body image secara negatif, melainkan terdapat mahasiswa yang mempersepsikannya secara positif terhadap penampilan tubuhnya, yaitu mendapatkan komentar positif, merasa puas terhadap bagian tubuh tertentu, dan tidak melakukan pengeditan terhadap badan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5452
Collections
  • Bimbingan dan Konseling Islam [130]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV