Show simple item record

dc.contributor.authorHANDAYANI, FITRIA
dc.date.accessioned2025-10-10T02:16:15Z
dc.date.available2025-10-10T02:16:15Z
dc.date.issued2022-12
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/5452
dc.description.abstractFitria Handayani, 2022. “Fenomena Body Image di Media Sosial bagi Kalangan Mahasiswa UINSI Samarinda.” Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Ida Suryani Wijaya, M.Si dan Sabiruddin, M.A. Fenomena body image merujuk pada sebuah bentuk penilaian akan penampilan tubuh di media sosial Instagram. Adanya media sosial Instagram dapat membagikan suatu momen dalam bentuk foto dan video dengan menggunakan berbagai fitur yang telah disajikan. Selain itu, media sosial Instagram menampilkan berbagai orang dengan bentuk tubuh ideal. Hal tersebut menjadikan individu, terutama mahasiswa, melakukan body image. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena yang terjadi pada mahasiswa UINSI Samarinda dalam menampilkan body image di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Penelitian ini melibatkan lima mahasiswa yang aktif dalam media sosial Instagram. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini mencakup data collection, data condensation, data display, dan data conclusion. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa UINSI Samarinda melakukan body image di media sosial Instagram dengan mempersepsikan secara negatif, yaitu menggunakan filter karena dianggap lebih menarik dibandingkan tidak menggunakan sama sekali, cemas terlihat gemuk dalam foto sehingga berusaha agar tidak terlihat gemuk dengan memperhatikan pengambilan foto, cemas akan komentar negatif orang lain, dan membandingkan penampilan tubuhnya dengan orang lain di Instagram. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa mempersepsikan body image secara negatif, melainkan terdapat mahasiswa yang mempersepsikannya secara positif terhadap penampilan tubuhnya, yaitu mendapatkan komentar positif, merasa puas terhadap bagian tubuh tertentu, dan tidak melakukan pengeditan terhadap badan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectBody image, media sosial, mahasiswa, Instagramen_US
dc.titleFENOMENA BODY IMAGE DI MEDIA SOSIAL BAGI KALANGAN MAHASISWA UINSI SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record