FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUSAHA MUSLIM MEMILIH PINJAMAN PADA BANK KONVENSIONAL (Studi Kelompok UMKM Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda)
Abstract
Helmalia Putri, 2023. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengusaha Muslim Memilih Pinjaman Pada Bank Konvensional (Studi Kelompok UMKM Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Kokom Komariyah, M.Si dan Bapak Muhammad Hasbi, M.E.
Pada zaman sekarang, masyarakat dapat menciptakan pekerjaan baru sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. UMKM merupakan wadah masyarakat kecil yang ingin menjalankan usaha yang diciptakan demi keberlangsungan hidupnya. Akan tetapi, tidak seluruh masyarakat dapat menjalankan usahanya tanpa adanya modal. Pentingnya dana untuk modal usaha bagi kegiatan UMKM menjadikan perlunya kerjasama antara pihak bank sebagai lembaga pemberi pinjaman. Terdapat dua jenis bank di Indonesia yang dapat membantu permodalan pengusaha UMKM dalam bentuk pinjaman, yaitu bank konvensional dan bank syariah. Akan tetapi, banyak faktor yang menyebabkan para pengusaha memilih sebuah lembaga keuangan tertentu untuk melakukan pinjaman. Dengan demikian, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengusaha muslim memilih pinjaman pada bank konvensional.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan sebanyak 179 UMKM yang terdata pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda. Sampel yang digunakan sebanyak 65 responden muslim di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik pengukuran menggunakan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor promosi dan lokasi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengusaha muslim memilih pinjaman pada bank konvensional. Sedangkan pengetahuan dan lingkungan sosial secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengusaha muslim memilih pinjaman pada bank konvensional. Sementara secara simultan atau bersama-sama variabel pengetahuan, lingkungan sosial, promosi, dan lokasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pengusaha muslim memilih pinjaman pada bank konvensional.