PENGARUH PERSEPSI, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PENGGUNAAN JASA LAYANAN BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Civitas Akademika UINSI Samarinda)
Abstract
Ayuni Febryanti, 2023. “Pengaruh Persepsi, Pengetahuan dan Pemahaman Masyarakat tentang Bank Syariah dalam Penggunaan Jasa Layanan Bank Syariah (Studi Kasus pada Civitas Akademika UINSI Samarinda)”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Mursyid, M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Yovanda Noni, M.E sebagai pembimbing II.
Eksistensi lembaga keuangan perbankan sebagai sebuah industri dengan fungsinya sebagai intermediasi keuangan (financial intermediatery) menjadi penting pada zaman ini. Perumpamaan bahwa bank adalah “nyawa” dalam menggerakkan roda perekonomian menggambarkan betapa pentingnya eksistensi industri keuangan ini. Berkaitan dengan hal tersebut, lahir tuntutan oleh masyarakat muslim yang menginginkan terciptanya sistem perbankan yang sesuai dengan prinsip dan syariat Islam menjadi latar belakang lahirnya bank syariah di kalangan masyarakat saat ini. Bank syariah hadir dengan sistem operasional yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan Al-Hadis serta terbebas dari riba. Persepsi, pengetahuan, dan pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah menjadi sorotan dalam perkembangan industri keuangan berlabel syariah ini. Beragam penafsiran mengenai konsep yang ada pada bank syariah tentunya berbeda dari individu satu dengan individu lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi, pengetahuan, dan pemahaman masyarakat tentang perbankan syariah terhadap penggunaan jasa layanan bank syariah di lingkungan Civitas Akademika UINSI Samarinda, baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan populasi Civitas Akademika UINSI Samarinda yang berjumlah 7.130 orang. Sampel penelitian sebanyak 100 orang diperoleh melalui hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi, serta menggunakan Skala Likert sebagai alat pengukuran. Teknik analisis data meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan jasa layanan bank syariah dengan nilai sig 0,013 < 0,05. Pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan jasa layanan bank syariah dengan nilai sig 0,240 > 0,05. Pemahaman berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan jasa layanan bank syariah dengan nilai sig 0,042 < 0,05. Demikian pula secara simultan, persepsi, pengetahuan, dan pemahaman memiliki pengaruh terhadap penggunaan jasa layanan bank syariah di lingkungan Civitas Akademika UINSI Samarinda.
