Show simple item record

dc.contributor.authorMahdela, Anurida
dc.date.accessioned2020-06-18T01:05:06Z
dc.date.available2020-06-18T01:05:06Z
dc.date.issued2017-09-15
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/572
dc.description.abstractAnurida Mahdela, 2017. “Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Eksperimen Mata Pelajaran Fikih Materi Konsep Fikih dalam Islam di Kelas X Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Nasir, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Ity Rukiyah M.Si sebagai pembimbing II. Hasil belajar kelas X IPA 1 Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda mata pelajara fikih belum maksimal. Menurut data hasil ulangan harian materi konsep fikih dalam Islam tahun ajaran 2016/2017 masih banyak siswa memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal ini disebabkan oleh pemahaman siswa yang kurang terhadap materi konsep fikih dalam Islam serta model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament secara positif, mengandung unsur model kompetisi yang dapat menimbulkan rasa cemas yang justru bisa memotivasi siswa meningkatkan kegiatan belajar mereka, sehingga dengan model pembelajaran teams games tournament diharapkan proses pembelajaran dapat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan prestasi belajar bagi siswa kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IPA 1 (penerapan model pembelajaran kooperatif teams games tournament) dan siswa kelas IPA 2 (penerapan model pembelajaran konvensional). Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen tes yang digunakan berupa pilihan ganda sebanyak 20 butir. Berdasarkan analisis data akhir diperoleh rata-rata posttest siswa kelas ekperimen sebesar 78.32 dan rata-rata posttest siswa kelas kontrol sebesar 62.8. Analisa uji perbedaan dua rata-rata dengan menggunakan uji-t pihak kanan diperoleh nilai thitung = 6.45 dan ttabel = 1.99 pada taraf signifikansi 5%, sehingga nilai thitung > ttabel berarti Ho ditolak. Sehingga ada perbedaan rata-rata yang disebabkan oleh pemberian eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model kooperatif tipe teams games tournament (TGT) efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi konsep fikih dalam Islam kelas X IPA Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional terhadap prestasi belajar fikih. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah guru fikih dapat menggunakan model pembelajarn teams games tournament (TGT) sebagai alternatif dalam memilih startegi pengajaran fikih.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.titleEfektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Eksperimen Mata Pelajaran Fikih Materi Konsep Fikih dalam Islam di Kelas X Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record