Show simple item record

dc.contributor.authorFirdaus, Mey Nur
dc.date.accessioned2020-06-18T02:19:21Z
dc.date.available2020-06-18T02:19:21Z
dc.date.issued2017-08-30
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/576
dc.description.abstractMey Nur Firdaus, 2017.Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Bermain Bola Di KB Kelas B Pesantren Anak Sholeh Ibadurrahman Tenggarong Seberang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra.Hj.Ananiah M,M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Juhairiah, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang masalah ini adalah kurangnya upaya guru dalam meningkatkan motorik kasar anak, peneliti memanfaatkan secara langsung media permainan bola sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini di KB Kelas B Pesantren Anak Sholeh Ibadurrahman Tenggarong seberang. Menjadi rumusan masalah yaitu bagaimana upaya guru meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain bola di KB Kelas B Pesantren Anak Sholeh Ibadurrahman Tenggarong Seberang. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran dan upaya guru untuk meningkatkan motorik kasar anak melalui bermain bola di KB Kelas B Pesantren Anak Sholeh Ibadurrahman Tenggarong Seberang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa upaya guru meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain bola di KB kelas B Pesantren Anak Sholeh Ibadurrahman Tenggarong Seberang dapat dinilai cukup baik walaupun belum terlaksana dengan sempurna namun upaya guru meningkatkan motorik kasar anak sedikit banyak telah diwujudkan oleh sekolah tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui bermain bola di Kb Kelas B Pesantren Anak Sholeh Ibadurrahman ternyata cukup baik, terlihat dari aspek melempar bola sesuai tahap ketinggian, menangkap bola dengan tepat, memasukkan bola kedalam ring(gawang) dan bermain bola secara berkelompok walaupun menghadapi kesulitan. Hal ini terlihat dari sikap anak yang merasa senang dan gembira selama pelaksanaan kegiatan. Disarankan pada guru KB untuk memberikan bimbingan dan memberikan hal yang baru yang lebih kreatif dalam meningkatkan motorik kasar agar anak lebih termotivasi dan senang mengikuti kegiatan pembelajaran.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMOTORIK ANAKen_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Bermain Bola Di KB Kelas B Pesantren Anak Sholeh Ibadurrahman Tenggarong Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record