Show simple item record

dc.contributor.authorIlyasin, Mukhamad
dc.date.accessioned2020-07-16T06:29:34Z
dc.date.available2020-07-16T06:29:34Z
dc.date.issued2019-05
dc.identifier.isbn978-602-313-483-0
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/721
dc.description.abstractDisiplin merupakan mekanisme “kontrol” yang teliti atas tubuh. Melalui disiplin, tubuh dilatih hingga menjadi tubuh yang terampil. Diuji terusmenerus dan dikoreksi sehingga keterampilan, kecekatan dan kesiap-sediaan akhirnya menjadi mekanisme yang dengan begitu saja bekerja dalam tubuh itu sendiri. Disiplin sekaligus meningkatkan keterampilan, kekuatan dan daya guna tubuh tetapi juga menguasai dan menempatkan tubuh ke dalam relasi tunduk, patuh dan berguna. Disiplin bukan merupakan pelaksanaan kehendak yang dipaksakan oleh orang lain, tetapi merupakan pelaksanaan kehendak diri sendiri. Masyarakat modern merupakan masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban masa kini. Untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan perkembangan masyarakat modern, dilakukan melalui pendidikan. Di Indonesia, madrasah merupakan fenomena masyarakat modern yang dimulai awal abad ke-20. Dalam masyarakat modern, disiplin merupakan kunci kesuksesan. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana strategi penerapan disiplin pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Indonesia dalam membentuk manusia modern produktif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Makasar, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batu Malang dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Paser Kalimantan Timur. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala, guru kelas, guru bidang studi, guru asrama dan siswa. Alat 6 Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis Model Interaktif Miles dan Huberman. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bagaimana strategi penerapan disiplin pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Indonesia dalam membentuk manusia modern produktif, terdapat empat metode disiplin yang diterapkan pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN), yaitu; 1) Seni Penyebaran, 2) Kontrol Aktifitas, 3) Strategi untuk menambah kegunaan waktu, dan 4) Kekuatan yang tersusun. Kemudian sarana-sarana disiplin, yang digunakan untuk memperkuat sumber daya manusia modern antara lain; 1) Pengawasan Hirarkis, 2) Normalisasi dan 3) Pengujian (L’examen).en_US
dc.publisherAr-Ruzz Mediaen_US
dc.subjectBelajar, Disiplin, Era Modernen_US
dc.titlePenerapan Disiplin Belajar di Era Modernen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record