Pelaksanaan Kedisiplinan Pesertadidik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 17 Samarinda
Abstract
Lukman Ariyandi, 2015, Pelaksanaan Kedisiplinan Pesertadidik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 17 Samarinda.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bahrani, M.Pd dan Ishmatul Maula, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini, Sekolah merupakan tempat terjadinya proses pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Sekolah juga bertugas membentuk kepribadian siswa agar mempunyai kepribadian yang luhur, mulia serata berdiplin tinggi.Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu lembaga pendidikan formal merupakan sekolah yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian peserta didik.
Disiplin disekolah merupakan sesuatu yang penting karena mempunyai sesuatu yang bermanfaat. Guru merupakan aktor yang paling berperan terhadap kedisiplinan siswa di sekolah dan dalam proses kegiatan belajar mengajar, disamping pengajar guru juga berperan sebagai pembimbing. Secara langsung, seorang guru bertanggung jawab dalam membentuk karakter peserta didik dan mengubah prilaku yang buruk menjadi baik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.Hasil yang diperoleh dari penelitianini adalah pelaksanaan kedisiplinan peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 17 Samarinda sudah berjalan dengan baik