View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di Tk Daarul Hijrah AlAmin Samarinda

Thumbnail
View/Open
Astri Mutmainnah.docx (13.46Kb)
Date
2020-08-02
Author
Mutmainnah, Astri
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Astri Mutmainnah, 2020. “Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di Tk Daarul Hijrah AlAmin Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Zamroni M.Pd selaku pembimbing I dan Sunanik, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah penerapan metode bercerita yang ada di Tk Daarul Hijrah sebagai salah satu metode pembelajaran yang digunakan di dalam maupun di luar kelas yang mampu mengembangkan sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode cerita dalam mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di Tk Daarul Hijrah Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri dari Sumber data primer data sukunder. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, dan wali kelas. Sumber data sekunder yaitu dokumentasi. Data dianalisis mengunakan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode cerita dalam mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di Tk Daarul Hijrah Samarinda yaitu diawali dari pembuatan RPPM, lalu RPPH cerita disesuaikan dengan Tema. Tempat dan waktu pelaksanaannya ini dilakukan di luar kelas pada kegiatan awal di kelompok besar dan di dalam kelas pada kegiatan inti kelompok kecil disesuaikan dengan RPPH, Anak mampu mendengarkan guru bercerita, anak mampu bertanya atau menjawab pertanyaan, anak mampu mematuhi peraturan sederhana pada metode bercerita. Evaluasi dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung sampai akhir pembelajaran berupa pengamatan langsung anak, catatan pada kejadian khusus yang anak lakukan dan catatan pengamatan mengenai perkembangan dan indikator yang menjadi sasaran pembelajaran.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/853
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV