dc.description.abstract | ABSTRAK
Astri Mutmainnah, 2020. “Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di Tk Daarul Hijrah AlAmin Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Zamroni M.Pd selaku pembimbing I dan Sunanik, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah penerapan metode bercerita yang ada di Tk Daarul Hijrah sebagai salah satu metode pembelajaran yang digunakan di dalam maupun di luar kelas yang mampu mengembangkan sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode cerita dalam mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di Tk Daarul Hijrah Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini terdiri dari Sumber data primer data sukunder. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, dan wali kelas. Sumber data sekunder yaitu dokumentasi. Data dianalisis mengunakan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode cerita dalam mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di Tk Daarul Hijrah Samarinda yaitu diawali dari pembuatan RPPM, lalu RPPH cerita disesuaikan dengan Tema. Tempat dan waktu pelaksanaannya ini dilakukan di luar kelas pada kegiatan awal di kelompok besar dan di dalam kelas pada kegiatan inti kelompok kecil disesuaikan dengan RPPH, Anak mampu mendengarkan guru bercerita, anak mampu bertanya atau menjawab pertanyaan, anak mampu mematuhi peraturan sederhana pada metode bercerita. Evaluasi dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung sampai akhir pembelajaran berupa pengamatan langsung anak, catatan pada kejadian khusus yang anak lakukan dan catatan pengamatan mengenai perkembangan dan indikator yang menjadi sasaran pembelajaran. | en_US |