Strategi Bank Syariah Dalam Menjaga Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Mega Syariah Cabang Samarinda)
Abstract
ABSTRAK Andi Ziaul Haq Muzakkir, 2020. “ Strategi Bank Syariah Dalam Menjaga Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Mega Syariah Cabang Samarinda). Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Akhmad Nur Zaroni, M.Ag dan H.Yusran, M.Ag. Loyalitas nasabah merupakan puncak pencapaian pelaku bisnis Perbankan. Nasabah yang puas dan setia tidak akan ragu untuk untuk menjadi penyebar kabar baik yang selalu menyebarkan kebaikan mengenai produk Perbankan yang dikonsumsinya. Mereka memiliki kredibilitas yang tinggi karena tidak dibayar oleh pihak manapun untuk merekomendasikan produk atau merek Perbankan tersebut. Mempertahankan nasabah yang loyal memang harus mendapatkan prioritas yang utama dari pada mendapatkan nasabah baru, karena untuk merekrut dan mendapatkan nasabah baru bukanlah hal yang mudah karena akan memerlukan biaya yang banyak, maka sangatlah rugi bila perusahaan melepas nasabah yang telah loyal secara begitu saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi, bentuk-bentuk loyalitas nasabah, dan kendala serta solusi yang digunakan Bank Mega Syariah dalam menjaga loyalitas nasabah. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan model Miles and Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pertama, strategi Bank Mega Syariah dalam menjaga loyalitas nasabah adalah memberikan pelayanan prima, membangun komunikasi yang baik dengan nasabah, dan memberikan kemudahan kepada nasabah dengan meng-upgrade layanan mobile banking sesuai dengan perkembangan zaman. Kedua, Bentuk-bentuk loyalitas nasabah Bank Mega Syariah Cabang Samarinda adalah melakukan transaksi secara rutin, menggunakan produk dan jasa, kebal terhadap produk dari bank lain dan merekomendasikan ke teman dekat. Ketiga, kendala yang dihadapi Bank Mega Syariah Cabang Samarinda dalam menjaga loyalitas nasabah terletak pada karakteristik nasabah yang berbeda-beda. Baik yang emosional, rasional maupun tradisional. Solusi yang ditempuh Bank Mega Syariah Cabang Samarinda adalah membangun citra perusahaan (Grooming), mengikuti alur karakter nasabah (Grooving), dan evaluasi. Kata Kunci : Strategi, Loyalitas