Show simple item record

dc.contributor.authorBarokah, Dwi Putri
dc.date.accessioned2021-02-18T01:18:48Z
dc.date.available2021-02-18T01:18:48Z
dc.date.issued2020-09-10
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/908
dc.description.abstractABSTRAK Dwi Putri Barokah, 2020. Strategi Pemasaran Pembiayaan Cicil Emas Pada PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Hasan Basri. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Syeh Hawib Hamzah, S.Ag, M.Pd.I dan Tikawati, S.E, M.Si. Bank Syariah Mandiri adalah salah satu lembaga keuangan syariah yang menyediakan terhadap nasabahnya dalam bentuk produk funding dan lending. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki emas melalui pembiayaan bank, dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan bank syariah lain. Dalam segi strategi pemasran, BSM KCP Hasan Basri menggunakan bauran marketing mix 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion. Dari pengangkatan judul strategi pembiayaan cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Hasan Basri, Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran dan faktor pendukung serta penghambat dalam memasarkan pembiayaan cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Hasan Basri. Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian kualitatif (field research), dengan sumber data primer dan sekunder serta penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu metode 2 macam observasi aktif dan observasi deskritif yang bervariasi mini tour, wawancara mendalam, dan dokumentasi (analisis triangulasi atau gabungan). Hasil dari penelitian ini ditemukan sebagai berikut. Pertama, Strategi yang dilakukan yaitu menggunakan langkah-langkah pemasaran yang terdiri dari Produk, Price, Place, dan Promotion. Penerapan strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Hasan Basri adalah produknya pembiayaan cicil emas, penetapan uang muka 20% dari harga perolehan emas dengan pembiayaan 80% dan cicilan yang murah serta pilihan angusran bisa perhari dan perbulan, BSM KCP Hasan Basri terletak di jalan Hasan Basri Kompleks Ruko Merak No. 148 Samarinda, promosi yang dilakukan yaitu Stand Open Booth, face to face costumer service dengan nasabah, dan media sosial. Kedua, faktor pendukungnya memiliki fasilitas produk yang cicilannya murah, resiko rendah, melindungi nilai harta serta aman, dan faktor penghambat yang dihadapi oleh BSM KCP Hasan Basri yaitu persaingan dengan perusahaan, banyaknya biaya-biaya yang dikeluarkan seperti biaya materai, administrasi, asuransi , serta uang muka lebih besar. Kata Kunci: Strategi, Pembiayaan, Produk, cicil emas, Banken_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Pembiayaan, Produk, cicil emas, Banken_US
dc.titleStrategi Pemasaran Pembiayaan Cicil Emas Pada PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Hasan Basrien_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record