View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Rasio Jumlah Siswa Dalam Kelas Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Samarinda

Thumbnail
View/Open
NurnajmiWahyuningsih..docx (13.04Kb)
Date
2019-06-25
Author
Wahyuningsih, Nurnajmi
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK NurnajmiWahyuningsih. PENGARUHRASIOJUMLAHSISWADALAMKELASTERHADAPEFEKTIVITASPEMBELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SekolahMenengahKejuruanFarmasiSamarinda.Skripsi, JurusanPendidikan Islam FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.PenelitianinidibimbingolehDra.EttyNurbayani, M.PddanWildanSaugi, M.Pd. LatarbelakangpenelitianiniadalahjumlahsiswapadarombonganbelajarPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarindayang melebihikapasitasjumlahsiswaperkelas yang telahditetapkanpemerintah, sehinggamembuat proses pembelajaranPendidikan Agama Islam kurangefektif. SedangkantujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiseberapabesarpengaruhrasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarinda. Metodeyang dipakaidalampenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif, denganpopulasiseluruhsiswa SMK FarmasiSamarinda yang berjumlah 435 siswadansampelsebanyak 81 respondendenganmenggunakanteknikproportional stratified random sampling.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahangketdandokumentasi, danteknikanalisis data padapenelitianinimenggunakanrumuskorelasi product moment, koefisiendeterminandanuji t. HasilyangdiperolehdaripenelitianiniadalahbahwaterdapathubunganantararasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam sebesar 0,281 yang apabiladiinterpretasikandengantabel r beradadiantara 0,20-0,399 berartitingkathubungannyarendah.Pembuktianhipotesisdenganmengujisignifikansimenggunakanrumusuji t, diperolehnilaithitung = 2,6037>ttabel = 1,999045 sehingga Hoditolakdan Hα diterimabahwaadapengaruh yang signifikanantararasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarindadengannilaikoefisienkorelasi (r) = 0,281dapatdimaknaibahwabesarnyasumbanganvariabelrasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarindasebesar 7,9%.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/93
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [864]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV