dc.description.abstract | ABSTRAK
NurnajmiWahyuningsih. PENGARUHRASIOJUMLAHSISWADALAMKELASTERHADAPEFEKTIVITASPEMBELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SekolahMenengahKejuruanFarmasiSamarinda.Skripsi, JurusanPendidikan Islam FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.PenelitianinidibimbingolehDra.EttyNurbayani, M.PddanWildanSaugi, M.Pd.
LatarbelakangpenelitianiniadalahjumlahsiswapadarombonganbelajarPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarindayang melebihikapasitasjumlahsiswaperkelas yang telahditetapkanpemerintah, sehinggamembuat proses pembelajaranPendidikan Agama Islam kurangefektif. SedangkantujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiseberapabesarpengaruhrasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarinda.
Metodeyang dipakaidalampenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif, denganpopulasiseluruhsiswa SMK FarmasiSamarinda yang berjumlah 435 siswadansampelsebanyak 81 respondendenganmenggunakanteknikproportional stratified random sampling.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahangketdandokumentasi, danteknikanalisis data padapenelitianinimenggunakanrumuskorelasi product moment, koefisiendeterminandanuji t.
HasilyangdiperolehdaripenelitianiniadalahbahwaterdapathubunganantararasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam sebesar 0,281 yang apabiladiinterpretasikandengantabel r beradadiantara 0,20-0,399 berartitingkathubungannyarendah.Pembuktianhipotesisdenganmengujisignifikansimenggunakanrumusuji t, diperolehnilaithitung = 2,6037>ttabel = 1,999045 sehingga Hoditolakdan Hα diterimabahwaadapengaruh yang signifikanantararasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarindadengannilaikoefisienkorelasi (r) = 0,281dapatdimaknaibahwabesarnyasumbanganvariabelrasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarindasebesar 7,9%. | en_US |