Show simple item record

dc.contributor.authorWahyuningsih, Nurnajmi
dc.date.accessioned2020-03-11T06:58:33Z
dc.date.available2020-03-11T06:58:33Z
dc.date.issued2019-06-25
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/93
dc.description.abstractABSTRAK NurnajmiWahyuningsih. PENGARUHRASIOJUMLAHSISWADALAMKELASTERHADAPEFEKTIVITASPEMBELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SekolahMenengahKejuruanFarmasiSamarinda.Skripsi, JurusanPendidikan Islam FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.PenelitianinidibimbingolehDra.EttyNurbayani, M.PddanWildanSaugi, M.Pd. LatarbelakangpenelitianiniadalahjumlahsiswapadarombonganbelajarPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarindayang melebihikapasitasjumlahsiswaperkelas yang telahditetapkanpemerintah, sehinggamembuat proses pembelajaranPendidikan Agama Islam kurangefektif. SedangkantujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiseberapabesarpengaruhrasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarinda. Metodeyang dipakaidalampenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif, denganpopulasiseluruhsiswa SMK FarmasiSamarinda yang berjumlah 435 siswadansampelsebanyak 81 respondendenganmenggunakanteknikproportional stratified random sampling.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahangketdandokumentasi, danteknikanalisis data padapenelitianinimenggunakanrumuskorelasi product moment, koefisiendeterminandanuji t. HasilyangdiperolehdaripenelitianiniadalahbahwaterdapathubunganantararasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam sebesar 0,281 yang apabiladiinterpretasikandengantabel r beradadiantara 0,20-0,399 berartitingkathubungannyarendah.Pembuktianhipotesisdenganmengujisignifikansimenggunakanrumusuji t, diperolehnilaithitung = 2,6037>ttabel = 1,999045 sehingga Hoditolakdan Hα diterimabahwaadapengaruh yang signifikanantararasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarindadengannilaikoefisienkorelasi (r) = 0,281dapatdimaknaibahwabesarnyasumbanganvariabelrasiojumlahsiswadalamkelasterhadapefektivitaspembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK FarmasiSamarindasebesar 7,9%.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMen_US
dc.titlePengaruh Rasio Jumlah Siswa Dalam Kelas Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record