Pengembangan Model Program Parenting di Taman Kanak-kanak Kota Bontang
Abstract
ABSTRAK Nurdaniati. 2020. “Pengembangan Model Program Parenting di Taman Kanak-kanak Kota Bontang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag sebagai Pembimbing I dan Dr. H.M. Kusasi, M.Pd sebagai Pembimbing II. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kondisi pendidikan anak usia dini yang selama ini proses pembelajaran sampai penilaiannya masih dilakukan sepenuhnya oleh guru, padahal proses tumbuh kembang anak usia dini sehari-hari lebih banyak dihabiskan bersama orangtua. Hal ini menjadi dasar pengembangan model program parenting di mana orangtua dilibatkan langsung untuk dapat mengamati dan menilai ketercapaian indikator perkembangan anak selama di rumah khususnya aspek perkembangan nilai agama dan moral yang terkait dengan ibadah sehari-hari, perilaku sopan santun, sikap jujur dan nilai-nilai karakter baik lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mesdeskripsikan pelaksanaan program parenting di Taman Kanak-kanak Kota Bontang dan pengembangan program parenting di Taman Kanak-kanak Kota Bontang. Desain (jenis) penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan yang dilakukan sampai tahap kelima, yaitu identifikasi masalah, analisis kebutuhan, desain produk, validasi ahli, dan revisi hasil validasi. Teknik pengumpulan data adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program parenting di TK Al Kautsar, TK Al Ihsan, dan TK Ihayussunnah telah dilakukan dengan melibatkan orangtua dalam kegiatan-kegiatan program parenting di masingmasing satuan PAUD, meskipun keterlibatan orangtua adalah sebatas pada menghadiri kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah, belum sampai pada tahap ikut melakukan pengamatan dan penilaian pada pencapaian perkembangan anak, (2) Hasil pengembangan program parenting ini adalah produk instrumen pengamatan orangtua terhadap pencapaian aspek perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Instrumen yang dikembangkan ini berbasis pada indikator yang diambil dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang ada dalam Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD. Setelah melakukan desain produk, instrumen yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli dengan perolehan prosentase validator pertama sampai keempat berturut-turut 91% , 89%, 84%, dan 91%. Kemudian setelah melakukan beberapa revisi dari para ahli, produk siap untuk diujicobakan di penelitian selanjutnya.