View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Cindy Ruliana.docx (13.04Kb)
Date
2019-09-11
Author
Ruliana, Cindy
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Cindy Ruliana, 2019, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Dr. Khojir, M.SI sebagai pembimbing I dan Juhairiah M.Pd sebagai pembimbing II. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kepribadian siswa menjadi pribadi yang religius sangatlah penting. Di usia remaja khususnya adalah masa dimana mereka mencari jati diri mereka. Apabila siswa terbiasa melakukan hal-hal yang bermanfaat maka kedepannya ia akan terbiasa melakukannya. Oleh karena itu, Seorang guru dirasa perlu memberikan keteladanan dan motivasi bagi siswa yang masih saja bermalas-malasan dalam hal menjalankan hal-hal baik. Karena itu kegiatan keagamaan yang ada hendaknya dilaksanakan secara optimal agar mendapatkan hasil yang maksimal serta mencetak generasi muda yang bukan hanya cerdas namun juga religius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Negeri 4 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitiaan ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan obyek penelitiannya adalah upaya guru Pendidikan Agama Islam agar mampu meningkatkan religiusitas siswa. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Negeri 4 Samarinda terdapat dua kegiatan yang dilakukan guru yaitu dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan kegiatan di luar kelas. Pertama, melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang meliputi pembiasaan membaca doa serta tadarus Alquran sebelum memulai pembelajaran, pemberian motivasi serta nasihat dan pembiasaan dalaman kerudung dan kaos kaki panjang bagi siswa perempuan. Kedua, melalui kegiatan yang di dilaksanakan di luar kelas meliputi kegiatan shalat dzuhur berjama’ah, shalat dhuha, perayaan hari besar Islam dan melatih serta membina tanggung jawab siswa melalui rohis.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/95
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [905]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV