Show simple item record

dc.contributor.authorRuliana, Cindy
dc.date.accessioned2020-03-11T07:22:23Z
dc.date.available2020-03-11T07:22:23Z
dc.date.issued2019-09-11
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/95
dc.description.abstractABSTRAK Cindy Ruliana, 2019, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Dr. Khojir, M.SI sebagai pembimbing I dan Juhairiah M.Pd sebagai pembimbing II. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kepribadian siswa menjadi pribadi yang religius sangatlah penting. Di usia remaja khususnya adalah masa dimana mereka mencari jati diri mereka. Apabila siswa terbiasa melakukan hal-hal yang bermanfaat maka kedepannya ia akan terbiasa melakukannya. Oleh karena itu, Seorang guru dirasa perlu memberikan keteladanan dan motivasi bagi siswa yang masih saja bermalas-malasan dalam hal menjalankan hal-hal baik. Karena itu kegiatan keagamaan yang ada hendaknya dilaksanakan secara optimal agar mendapatkan hasil yang maksimal serta mencetak generasi muda yang bukan hanya cerdas namun juga religius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Negeri 4 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitiaan ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan obyek penelitiannya adalah upaya guru Pendidikan Agama Islam agar mampu meningkatkan religiusitas siswa. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Negeri 4 Samarinda terdapat dua kegiatan yang dilakukan guru yaitu dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan kegiatan di luar kelas. Pertama, melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang meliputi pembiasaan membaca doa serta tadarus Alquran sebelum memulai pembelajaran, pemberian motivasi serta nasihat dan pembiasaan dalaman kerudung dan kaos kaki panjang bagi siswa perempuan. Kedua, melalui kegiatan yang di dilaksanakan di luar kelas meliputi kegiatan shalat dzuhur berjama’ah, shalat dhuha, perayaan hari besar Islam dan melatih serta membina tanggung jawab siswa melalui rohis.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWAen_US
dc.titleUpaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMA Negeri 4 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record